KL Trip 2011 – Day 1 (pt.1): Masih Di Jakarta

Jadi, gue itu baru packing malam jam 9 sebelum gue pergi ke KL tanggal 17-nya. Malam itu juga, tiba-tiba modem internet di rumah Jakarta nyala dan bisa dipake, tiba-tiba E-Channel semaleman Golden Globe terus, dan akhirnya gue kalap main internet sampe adzan subuh, sementara packingnya juga baru kelar pas adzan subuh (karena tiba-tiba nyokap keluar dari kamar terus sedikit marah-marah karena gue ga tidur-tidur padahal harus ke bandara pagi-pagi.) Eventually, Packing gue selesai dan menghasilkan satu ransel besar + satu tas slempang kecil..

MESSY!

 

RM 420

Pesawat gue QZ 7696 Berangkat 17 Januari 2011 pkl 11.35 WIB harusnya. Tapi keadaannya begini:

  1. Packing selesai, gue shalat Subuh, trus tidur
  2. Gue minta dibangunin jam 8
  3. Gue memperhitungkan berangkat dari Rawamangun naik Bus Damri jam 9 pagi. (karena pertama, naik mobil ke airport itu mahal, kedua, nyokap gue paling gak berani nyetir di jalan tol karena katanya takut sama truk container gede-gede)
  4. Gue dibangunin jam 8 ama nyokap, excited sama hari itu tapi mager, efektif mandi jam setengah 9, kelar siap cabut jam 9
  5. Nyokap paling gak bisa keluar rumah ga pake dandan, efektif keluar rumah jam setengah 10
  6. 10.45 gue sampe Terminal Rawamangun dan tampaknya Bus Damri yang gue naiki itu berangkat jam 10.00 karena sebenarnya terserah perut abangnya mau berangkat jam berapa
DAMN-RI

DAMN-RI

Coba aja, gue harus sampe di bandara seenggaknya paling lambat jam 10.35 kan? Karena check-in pesawat itu paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan. Akhirnya yang terjadi adalah:

  1. Perut gue yang udah “krucuk-krucuk” semakin muter gak keruan karena ditelfonin Salman sama Rama
  2. Di dalem bus Damri, gue udah komat-kamit jikir karena panik dan yakin setengah jam APALAGI naik Bus Damri itu gak mungkin banget. Belom kalo dia nemu mangsa penumpang di jalan pasti bakal ngetem berenti dulu, belom nanti dia singgah di Terminal 1 sebelum ke Terminal 2. OH MY.
  3. Tas ransel besar gue taruh di pangkuan, sambil muka gue celingukan, ngeliatin jam udah menunjukkan 9:58, persis maling abis nyolong tas berharap cepet kabur dari tempat itu
  4. Tiba-tiba “TING!” gue nengok kanan dan ada ATM BNI
  5. Gue menghambur langsung turun dari bus dihadang tukang taksi yang udah tau nih pasti bakal ada yang sejenis gue “TAKSI BOS TAKSI! PAKE ARGO KOK!” gue gak peduli. Gue langsung ke ATM ambil uang.
  6. Keluar dari ATM gue langsung teriakin barisan taksi Blue Bird yang lagi ngetem dan supirnya lagi ngaso-ngaso “TAKSI!!! MANA NIH YANG SIAP JALAN!! KE BANDARA SEKARANG! KE BANDARAAA!!”
  7. Tukang taksi yang lagi ngaso celingukan, dan ada satu bapak yang tunjuk tangan “Sayah! Sayah! Alhamdulillah!” mungkin nama dia Bapak Alhamdulillah, tapi ternyata bukan. Tukang taksi yang lain juga tiba-tiba “Alhamdulillah! Alhamdulillah! Ayo, cepet pak!” sambil tepuk-tepuk pundak bapak supir taksi itu, seakan-akan itu bapak baru menang lomba minum kopi satu kendi di kedai kopi 812. Kayanya, buat para supir taksi, dapet penumpang hari itu minta dianterin ke Bandara Soekarno Hatta tuh rezeki besar. Beberapa detik gue agak ngerasa senang kayanya ada orang yang gue bikin bahagia hari itu.
  8. Masuk taksi, gue bilang “Pak! Ke Bandara! Sekarang! NGEBUT!”, “I..Iya mas..Iya.. Nanti kalo Tol-nya kosong saya pasti ngebut”
  9. Di jalan gue terus zikir, komat-kamit segala bahasa arab yang gue tau gue sebut sambil liat jam, tapi gue akhirnya gak mau liat jam. Biar aja jadi surprise buat diri gue sendiri, akhirnya gue jadi berangkat ke KL atau malah gagal. Sambil inget-inget buku The Secret “pasti gue masih bisa catch flight nya..”. Sambil nahan mules itu perut krucuk-krucuk. Sambil di selama di jalan suasana hening, kayanya supir taksinya takut gue meledak tiba-tiba di Tol Ancol karena dia sok akrab (saat itu memang gue ga berharap pak supir ngajak gue ngobrol, mungkin begitu dia keluar satu suara, bahkan berdeham sekalipun, bisa gue bentak mungkin saking gue paniknya)
  10. Gue telfon/SMS Rama “ram, pls pls bilangin embaknya gue udah deket banget pls jagain meja checkin-nya”, “ram, terminal 2-apa?? Gue udah di gapura bali depan Bandara”. Gak ada yang dibales dong. Emosi. Gue telfon “RAMA! TERMINAL 2-APA!??”, “2-D, Gemmm”, “TUNGGUIN GUEH TUNGGUIN GUEHHHH!!”, “OK, Gue tungguin depan Tony Jack’s! Ayo!!!”
  11. Sampe Bandara, argo udah nyampe 120Ribu sekian. Gue kasih langsung 130Ribu. Agak gondok juga, duit 130Ribu bisa dipake buat bayar Airport Tax. ARGH! Tapi ciamik banget tuh supir taksi 35menitan bisa nyampe Bandara dari Rawamangun. Bayangin kalo gue keukeuh naik Bus Damri. Hari ini gue mungkin cuma bakal meratap foto-foto Rama, Glenn, Salman yang jadi ke KL.

Untungnya dan akhirnya, mbak-mbak Check-In Desk masih bolehin gue check-in. Abis itu gue ke meja imigrasi. Ada masalah lagi disini. Gue dari awal udah bertekad buat mendokumentasikan segala apa yang gue kerjain, makanan yang gue makan, dan tempat yang gue kunjungin. Tanya deh sama temen-temen Mitsui gue gimana waktu gue foto-foto pas internship, atau bahkan tanya Rama, Salman, atau Glenn, gimana waktu ke KL mungkin setiap centimeter sekali gue foto.

Masalah tiba, ketika gue foto-foto loket Imigrasi di Bandara Soetta. Gue gak liat kalo ada tanda kamera-coret yang artinya lo eng-gak-bo-leh-fo-to-fo-to disitu. Begonya gue lagi, gue foto loket imigrasi itu, dan flashlight kamera gue nyala. Begitu CEPRET! Tiba-tiba gue diteriakin petugas imigrasi “OY MAS! GAK BOLEH FOTO-FOTO DISINI! GAK LIAT APA ITU TANDANYA!” trus gue disamperin, semua orang ngeliat ke gue (mungkin kaya iklan itu yang “rasanya gue berasa di lempar ke panggung sirkus aneh dsb dsb”.. anw iklan itu lebih lebay daripada gue). “Hapus! Udah dihapus belom? Mana kameranya saya lihat!” —Grrrr.. Nyebelin.

Begitu mau masuk pesawat, seperti biasalah ya kita disuru nunggu di Boarding Room. Terus pas udah mau masuk penumpang dipanggilin dan mulai ngantri. Padahal gak usah ngantri sih ya, kan udah punya nomer tempat duduk masing-masing. No need to rush peeps! Gue, Salman, Rama, sama Glenn mager-mager gitu karena udah pewe duduk, dan kita pikir entar aja lah ya. Toh ga bakal berdiri juga kan dalem pesawat. Lo pikir Busway.

Hot Seat! Hot Seat!

Tau-tau, mas-mas Air Asia ini teriak “HOT SEAT! HOT SEAT! Seat 14-17 silakan masuk duluan!” Trus kita berempat ngeliat kertas Boarding Pass dan ternyata kita semua ada di satu row nomor 17. YEAH! Seneng abis, orang-orang tadi udah pada gak sabar ngantri-ngantri gak penting sedangkan kita dikasih masuk duluan. NYAHAHA! Nya nya nya nyaa nyaaa #sambilmelet-melet #abaikanini Ternyata.. Yang dimaksud Hot Seat itu yang lapisan kursinya di pesawat warnanya merah sendiri, dan ditaroh persis samping Pintu Darurat. Mungkin kalo ada apa-apa kita disuruh mati duluan disitu. Amit-amit #ketokmejakayu Tapi yaudah gapapa, yang penting masuk duluan, berinteraksi sama pramugari lebih sering daripada penumpang yang lain (karena dia mondar-mandir di tengah terus dan briefing kita gimana kalo keadaan darurat).. YEAH! _________________________________________________________________________________________________ Entry blog sepanjang ini, ceritanya masih sekitar kejadian di Jakarta. Tenang! Berikutnya udah sampe KL kok. :p



Leave a Reply

