Cerita Usus Buntu part 1: Yakin, Maag?

Kali ini, gue mau cerita soal pengalaman liburan 2011-2012 yang bukannya dilewati dengan senang-senang tetapi malah terkapar di rumah sakit akibat operasi usus buntu.

Cerita dimulai hari Rabu, 21 Desember 2011, hari itu gue masih di Bandung. Hari itu juga gue mesti ke kampus karena harus ngerjain revisi  proposal tugas akhir dan bimbingan Tugas akhir (TA), sorenya rencana mau ditraktir sama Ariyanti kembarannya almarhumah sahabat gue Ariyanni karena mereka berdua 20 Des kemarin ulang tahun🙂

Nah, hari itu pagi sampai siang gue ke dokter gigi dulu di RSGM Unpad untuk rawat gigi yang bolong. Rupanya hari itu Cuma sampai tambal sementara dulu, jadi hari Jumat gue harus balik lagi kesana. Pas mau pulang jam setengah 1, koass drg. Eva bilang kalo gue jangan makan dulu sejam supaya tambalannya mengeras dulu dan gak rontok. OK, gue jalan ke kampus untuk ketemu teman-teman dan bimbingan TA. Gue nunggu aja di himpunan sambil nunggu jam setengah 2 biar gue bisa makan. Gue pikir, ah tanggung lebihin dikit lah ampe jam 2 biar tambalannya gak lepas.

Eh, tapi kok perut gue mulai sakit ya, tapi bukan kaya mau boker, ya sakit aja. Sekitar jam 1.45 gue beli makan di Bang Ed (toko kecil gitu di Arsi). Gue makan semacam nasi bungkus gitu di plastik isinya mihun, ayam dikit, telur bacem, tempe bacem, ama sambel. Sambil makan, perut gue udah mulai sakit tuh. Sementara itu,  Jam 2 gue udah janjian sama pembimbing TA (Bu Dewi) buat ketemuan di kantornya di lt.4. Abis makan, gue nunggu di Studio (sebutan kelas di Planologi) di lt.4 biar deket sambil tidur2an di atas meja. Tapi ini perut kok sakitnya gak ilang-ilang padahal udah makan. Gue sms Bu Dewi, ibu, saya sudah di Lt. 4 ya bu, kalau ibu sudah luang mohon saya diberitahu, terimakasih

Kok gak dibales-bales, akhirnya gue ke wc dulu. Tapi ternyata sama sekali gak keluar apa-apa udah dipaksa juga. Yaudah deh, akhirnya gue langsung cepet2 ke Bu Dewi soalnya beliau udah sms kalo dia udah siap di ruangannya.

Kelar bimbingan, gue langsung turun kebawah soalnya diminta tolong sama Debby buat bawain buku rencana Kab Indramayu yang semester kemaren studio gue bikin. Buku rencananya tebel2 emang, ada 4 copy pula. Sebenernya gue mager banget ke bawah karena gue udah kembali mengaduh-aduh di studio sambil ditemenin Irene sama Dhea yang lagi nugas. Tapi yaudahlah, kasian. Abis nolongin Debby, gue langsung ke kantin Barrac buat beli teh panas, sama minta tolong balik si Debby buat beliin promag dan apapun buat sakit perut. Balik-balik dia bawain gue promag dan Antangin JRG. Emang bisa ya antangin buat ngilangin sakit perut?

Dari kantin, gue putuskan buat kembali ke studio karena selain barang-barang gue ada disitu, setiap studio di PL tuh punya pojokan karpet buat solat, jadi gue pengen tiduran disitu.

Gue sama sekali ga bisa tidur, perut tuh sakiiiiiiiiiiiittttt bgt kaya disilet-silet. Gue juga gabisa locate sakitnya di sebelah mana, pokoknya sakit! Dan gue yakin itu maag. Gue sebenernya gatau sakit maag itu kaya gimana. Pokoknya gue udah berusaha tidur tetep gabisa. Sakit banget lah.

Sampe akhirnya, orang-orang ngeWhatsapp, sms, dan telepon nanyain gue dimana, karena udah pada mau berangkat ke traktiran Ariyanti. Gue blg aja sambil nahan sakit kalo gue lagi di studio dan nyuruh pada jalan aja tanpa gue, biarin gue gak ikut. Soalnya sakit banget. Eh taunya malah pada ke studio dan ngajakin ke rumah sakit aja. Akhirnya, Alvian nganterin ke UGD RS Advent. RS langganan gue soalnya asuransi gue adanya disana jadi bisa berobat gratis hehe. Alvian gue suruh pergi aja susul yang lain traktiran di Ciwalk. Dan jadilah gue sendirian di RS.

Di UGD perut gue dipencet-pencet disemua tempat. Nah, tiba-tiba pada waktu di pencet perut bagian kanan bawah (diatas kaki kanan) itu tiba2 sakit banget sampe gue loncat, pada waktu kaki kanan diangkat dan ditekuk itu juga sakit. Dari sisa-sisa pelajaran biologi, gue inget disitu tempatnya usus buntu, gue langsung bilang ke dokternya “Plis dok! Bukan usus buntu kan??” gue takut banget dioperasi. Dokternya senyum aja, trus bilang “umm.. Saya sih yakinnya kamu sakit Maag, kamu tadi pas lagi berdiri biasa terasa ada urat di kanan bawah yang ketarik ga?”, “engga tuh dok biasa aja”, dia pencet-pencet lagi perut gue, dan dia bilang “tapi ini kalo kanan bawah dipencet sakit ya? (sambil mencet)”, “Aduh!! Iya sakit dok”, “Hmm oke deh, tapi ini USG udah tutup jam segini (udah jam 6an), kita cek darah aja juga bisa kok ya kita liat lewat situ

Sambil nunggu hasil darah perut gue masih tetep terasa sakit, sambil gue menerawang lubang AC di langit-langit, apa ya rasanya di operasi, aduh takut operasi, dan muka gue literally seperti ini –>😦

Dokternya dateng sambil senyun wah pertanda baik nih, “Gema, kamu gak usus buntu kok, kamu maag, hasil darahnya normal”, “Alhamdulillah!!”, “Kamu saya kasih obat aja ya, mau obat kunyah atau suntik?”, “Kalau suntik lebih cepet ya dok?” (gue sambil mikir revisi tugas yang belum kelar itu harus kelar malem ini haruss! Pokoknya harus cepet kelar!), “Oh iya, suntik lebih cepet”, “Yaudah deh dok, suntik aja”.  Akhirnya gue pulang dengan perut lega, maknyus banget perut gue udah ga sakit lagi, tapi gue sempet ketiduran di lobby RS Advent sambil nonton kuis Deal or No Deal haha soalnya diluar ujan gerimis sih dan sofa lobbynya besar dan empuk. Sebelum pulang gue beli dulu Roti Sobek Sari Roti di Indomaret.

Gue makan rotinya, pulang, dan ketiduran.

Tiba-tiba, jam 2 malem, gue terbangun dengan badan luar biasa panas demam dan gemetar parah seperti habis naik dari kolam renang. Saking kedinginannya, meskipun udah selimutan dari kepala sampe kaki, gue tetep gemetaran. Malam itu gue berusaha tidur meskipun akhirnya bisa. Yang selalu ada di pikiran setiap demam parah begitu adalah gue takut mati saat ini juga..

Pagi tanggal 22 Desember 2011, jam 6 gue kebangun lagi, panas masih, tapi udah reda, Tapi perut kanan bawah gue tetep sakit. Gue ke toilet, buang air kecil, kok sakit yah. Alvian sama Yunus, yang ternyata nginep semaleman di Alvian, dateng ke kosan gue (yang tetanggaan Cuma beberapa rumah) buat ngambil USBnya Yunus yang ada di gue. Setelah itu selama di kosan, sepagian bukannya ngerjain revisi tugas, gue malah browsing soal usus buntu. Gue cari semua gejala-gejalanya. Mirip! Tapi gue tetep berharap sakit gue ini bukan usus buntu. Gue takut operasi!

Hari ini gue punya agenda untuk ke perpustakaan nyari referensi buat revisi tugas gue itu dan nyari buku-buku yang disaranin Bu Dewi kemarin. Jadilah gue ke kampus, dengan jalan berbungkuk! Karena kalau gue jalan tegak, ini rasanya perut kanan bawah ketarik suakit minta ampun. Seharian gue gak makan karena gak nafsu. Gue tau gue harus makan, tapi beneran mulut rasanya hambar dan ga pengen makan apa-apa. Alhamdulillah pulangnya gue dianter sama Sani, sambil gue beli 2 bungkus bubur pas di jalan buat makan gue.

Bubur di Bandung tuh gak ada yang enak, gak ada rasanya! Cuman bubur, dikasih suiran ayam, seledri, dan kecap. UDAH! Biasanya juga harganya mahal, gitu doang bisa 7ribu-15ribu. Beda sama bubur di Jakarta yang murah-murah. Dan biasanya dikasih kaldu kuning yang enaknya luar biasa. Belum sama kerupuk oranye yang suka melted kalo kena bumbu kuning ini. Gue jadi inget Bubur SMAN 8 deh. Itu enaknya parah banget! Gaada bubur se yummy dan juicy itu di dunia. Cukup soal bubur, intinya malam itu, gue tetep ga napsu makan, biar beli 2 bungkus, gue cuman makan setengah bungkus aja. Abis itu gue ngelanjutin tugas dikit, membiarkan laptop menyala, lalu gue ketiduran lagi.

Jumat tgl 23 Desember 2011, gue terbangun masih dengan keadaan yang sama dengan pagi sebelumnya, panas demam, dan perut kanan gue sakit, tapi ada dua agenda besar hari ini, gue harus selesaikan revisi tugas itu karena deadline, dan harus ke dokter gigi yang lumayan jauh di RSGM Unpad. Tugas selesai, gue semakin yakin gue usus buntu karena lagi-lagi gue sambil nugas sambil browsing juga segala hal tentang usus buntu. Dan gue justru semakin ingin ini tuh usus buntu, karena kalau tidak, justru lebih parah, karena nyeri di tempat yang sama bisa jadi juga tanda sakit ginjal. Gak mending dua-duanya sih, tapi kalau disuruh milih mendingan sakit usus buntu.

Sambil posisi kuda-kuda, literally, gue jalan bungkuk-bungkuk ke kamar temen kosan gue Wawank, minta dianterin ke RSGM. Sebelum dianterin gue packing dulu pakai tas besar biar abis dari RSGM gue langsung ciao ke Jakarta. Untung aja si Wawank lagi ga mau kemana-mana, dia mau nganterin naik motor kerennya dia tuh hehe.

Di RSGM, yang tadinya harusnya gue perawatan pake acara rontgen gigi segala, akhirnya koassnya kasian, gue akhirnya cuman ganti tambalan yang bisa tahan lebih lama selama waktu liburan. Di RSGM, gue tuh jalan udah sangat tertatih-tatih, ratap-ratap ke dinding takut jatuh, kaki kiri melangkah, kaki kanan diseret, gitu seterusnya. Dari RSGM yang letaknya agak lumayan jauh dari jalan besar Dipati Ukur, gue naik ojek, padahal biasanya gue jalan kaki aja. Jalanan yang jelek bikin perjalanan ojek jadi Bumpy, dan efeknya luar biasa ke perut kanan bawah gue itu. Gue blg ke tukang ojeknya “A’, ke Citilink DU ya samping pom bensin”

Biasanya gue naik Xtrans di Cihampelas karena poolnya lebih deket rumah dari pada Citilink. Tapi kali ini gue ga kuat lagi jalan lebih jauh ke Cihampelas, apalagi gue belom pesen travel. Bodo amat gue ke Citilink modal nekat berharap dapet waitinglist travel. Alhamdulillah, Allah baik banget gue dapet travel jam 14.45 kursi terakhir ke Kelapa Gading. Gue pikir perjalanan naik mobil bakal lebih nyaman, rupanya sama aja kaya naik ojek. Perjalanan bumpy dan gue cuman tidur berapa menit selama di jalan nahan sakit..

Gilanya, travel ini baru sampe jam 18.44 di Kelapa Gading. Jalan Tol Macet, Sunter Macet, arghhh.. 4 Jam masa Bandung-Jakarta. Usus gue wooyy..

*to be continued..


2 Comments on “Cerita Usus Buntu part 1: Yakin, Maag?”

  1. Nanda says:

    gem, travel yg di DU itu cititrans gem, kalo citilink tuh pesawat murah yg punya garuda hahaha *ga penting

  2. nasywa says:

    Aku sakit perut nih sekarang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s