Cerita Usus Buntu part 3: Pls Don’t tell me, gue masuk ICU!

Sekali lagi, gue mau menyampaikan penghargaan gue yang setinggi-tingginya buat nyokap gue yang udah dengan sabar nungguin gue operasi tengah malem sampe pagi buta sendirian. Nyokap gue emang wanita ter-strong (meskipun sering juga emosional, hehe) yang pernah gue kenal.

Berdasarkan cerita nyokap, tepat pukul 3.20 lampu tulisan ‘Operasi’ di depan pintu mati. Tidak seperti operasi usus buntu biasa yang katanya hanya memakan waktu 30 menit sampai 1 jam (kata internet lho ya), operasi gue memakan waktu kurang lebih 2jam 20menit. Lumayan lama. Hal ini karena operasi kemarin ternyata bukan operasi usus buntu biasa yang harusnya termasuk operasi kecil. Operasi gue namanya Laparatomy alias operasi buka perut. Instead of perut gue dibelek kecil 5 cm dekat dengan usus buntunya, sayatan dibuat tegak lurus dari bawah ke atas melalui samping pusar sekitar 10-15cm. Usus buntu gue ternyata udah pecah atau istilahnya perforasi. Isi usus buntu gue yang meradang yaitu nanah, dan kotoran dari usus besar (yang harusnya keluar lewat belakang) justru keluar dalam rongga perut. Sehingga, kata nyokap, dr. Tony bilang usus gue semuanya dikeluarin dan ‘dicuci’. Nyokap gue bilang ke gue ‘aku ora iso mbayangne usus kok ditokne trus diumbah ki piye’ (artinya: Mama ga bisa bayangin usus kok dikeluarin terus dicuci tuh gimana)..

Dr. Tony dan suster keluar pintu, “Ibu, kami sudah selesai, dan ini dia hasil operasinya”. Nyokap yang ga kuat liat darah-darah dan organ tubuh dalam sambil meringis liat ke arah baskom. Katanya sih bentuknya yaa usus, tapi udah hitam dan mekrok istilah orang jawa buat menggambarkan sesuatu yang mekar, kaya sosis di bejeg ampe ancur, trus disekitarnya ada lemak mengambang-ngambang. Nyokap bilang “aduh, iya dok, sudah-sudah”, “Ibu mau simpan (ususnya)?”, “sudah dok dibuang saja (sambil meringis)”. Satu keputusan nyokap yang paling gue sesalkan! Argh! Gue sejak di Bandung udah penasaran abis operasi pengen lihat usus buntu tuh seperti apa. Berdasarkan yang gue baca di blog orang yang pernah usus buntu, usus itu boleh dibawa pulang, nanti diberi toples sama rumah sakit berisi formalin. ARGHHH SERIUSAN GUE PENGEN LIATT!

Sementara itu, masih di dalam ruang operasi, otak gue memberontak untuk segera sadar, gue ingat betul, saat itu sambil tiduran kepala gue betul-betul menggila! Kepala gue geleng kanan dan kiri terus meneru, dan gue berusaha ngomong,“sesterhhh.. ehneh uh..uh..uhdahh sh shlsaeh?” (maksudnya: Suster, ini udah selesai?). Gue denger susternya yang pakai baju full hijau-hijau sambil berberes ruangan bilang “iya, Gema, sudah”. Yang gue ingat setelah itu adalah, kepala gue terus geleng-geleng dengan gila dan menggigil kedinginan, bibir gue bergetar sambil mendesis persis seperti habis naik dari kolam renang. Setelah itu gue kembali gak sadar sekitar 10 menit.

Gue akhirnya sadar ketika gue masuk ruang perawatan. Hampir tepat di depan tempat tidur gue ada jam dinding dengan jarum menunjukkan tepat pukul 3.30. Mata gue berbayang, persis kaya waktu kita lagi mencari fokus pakai kamera SLR, bedanya, kali ini pintu terlihat ada 2 buah, bruder di dekat tempat tidur juga terlihat ada dua orang padahal hanya 1. Karena gue masih menggigil kedinginan, lampu halogen mini dipasang diatas tempat tidur. Tiba-tiba ada dokter jaga ICU mendekat ke tempat tidur, “Gema, sebentar ya saya pasang selang NGT, ini selang untuk menyambung ke lambung supaya kotoran di dalam bisa keluar. Selangnya lewat hidung jadi bantu telan ya”. Dalam hati ohmy, gue tau selang ini, gue pernah liat waktu eyang-eyang gue di ICU, waktu ariyanni di ICU.Bantu telan ya, Gema”. Tiba-tiba gue mau muntah, tenggorokan gue kesodok-sodok selang NGT..

Masih berusaha melihat dengan jelas, sampai akhirnya pandangan gue cukup jelas, gue tiba-tiba merasa ketakutan karena gue yakin sekali gue sedang ada di ICU (intensive care unit). Berdasarkan pengalaman, 2 dari 3 orang yang gue kenal masuk ICU semuanya meninggal. Mereka adalah eyang gue dan sahabat gue Ariyanni. Gue tau orang yang masuk ICU adalah orang dengan kondisi kesehatan yang udah sangat kritis. Gue jadi takut gue sendiri akan bernasib buruk di ICU itu. Bayangan-bayangan sejenis apakah ternyata ada nanah di dalam perut gue yang tertinggal dan gak berhasil dikeluarkan? Apakah setelah ini akan ada komplikasi? Apakah jantung gue ternyata ga kuat menahan operasi? Arghhh! Gue takuttt!

Pagi-pagi buta itu gue panggil bruder (saat itu gue ga tau perawat pria itu dipanggilnya bruder), “sehster.. sehstehhr.. shehyah dehma neah..” (maksudnya: Suster, saya dimana), “shehyah di ICU ya?”, “iya Gema, kamu di ICU”. Oh no..

Nyokap gue dateng masuk ke bilik gue di ICU. Kata nyokap, gue ngomong gak jelas dan masih sambil geleng-geleng , “Mha..gehlengg gelng..gehleng.. geleng.. keh pha lah mhes geh mah ghe lengh geh leng.. gehleng leng gehleng gehl eng…” (gue inget gue bermaksud bilang: Mah, Kepala mas Gema Geleng-geleng terus..) Gue berusaha mengangkat kaki, tapi ternyata obat bius masih bekerja. Kaki gue meskipun ada diatas kasur, aneh tapi nyata, rasanya seperti ngangkat. Nyokap juga bilang kalo gue ngomong kaya gini, “Mha.. kaki mhes geh meah ngangh kat.. tuh kheh yeah ther bengh..” (maksudnya: Mah, kaki Mas Gema ngangkat rasanya. Rasanya tuh kaya terbang padahal enggak). Gue yakin orang mabok kaya gitu. Soalnya gue ga pernah mabok sih, kan anak baik baik :p.
Suster ngomong, “Gema, udah yaa Mamanya pulang ya, kasian tuh udah dari sore disini, udah kamu istirahat ya, tidur ya..”. Abis itu gue ga inget lagi gimana..

Gak lama kemudian gue kembali sadar dan merasa perut gue gatal, gue yakin ini biusnya mulai menghilang. Gue kembali bisa merasakan kaki-kaki gue lagi meskipun rasanya kesemutan dan gak nyaman. Jahitan di perut mulai terasa agak sakit. Suster gue panggil, dan gue disuntik obat pereda nyeri lewat infus. Saat itu gue dengar nenek-nenek di bilik samping di ICU juga ribut karena kelaparan, dia minta susu dan biskuit coba jam 5 pagi! Sembari nyeri di perut mulai agak lebih mereda.

Gak bisa tidur, gue ngecek apa aja yang dipasang di badan gue. Ada selang NGT tadi yang masuk lewat hidung, ada monitor jantung di dada, ada monitor jantung juga di telunjuk kanan gue (lucu bentuknya, direkat pakai selotip kertas dan menyala warna merah, jadi telunjuk gue mirip lampu natal), di tangan kiri infus, lalu gue meraba-raba bagian bawah gue, ada 2 selang, 1 selang bikin gue merinding sendiri karena selang itu masuk ke rongga perut melalui lubang yang dibuat dekat pinggang kanan, namanya selang drain, keluar darah-darah dan nanah dari perut. Ugh! Dan gue baru menyadari ada selang ini siang-siang. 1 selang lagi yang bikin gue sangat takut adalah, selang kateter. Kateter ini selang untuk buang air kecil. Selang ini diameternya persis pensil 2B (agak sedikit lebih besar lagi) dan dimasukin ke-anu. Gue tau banget selang ini dari pengalaman kunjungan gue ke ICU sebelum-sebelumnya. Ketika gue raba dan mendapati selang itu ada pada tubuh gue. Gue rasanya kaya di hisap blackhole, merasa keperjakaan gue hilang (lebay), gue syok bangetlah, bahkan sampai sekarang gue masih merinding bayangin proses masukinnya gimana. Thankgod lah mereka masukin kateter pas gue lagi gak sadar, gak kaya waktu masukin selang NGT.

Tiba-tiba perut terasa nyeri lagi, gue gabisa tidur meskipun suster tua yang galak itu berkali-kali nyuruh gue tidur. Tetep gak bisa. Gue panggil suster itu terus, dokter jaga ICU juga akhirnya ke tempat gue, menyuntikkan lagi sesuatu lewat infus, tiba-tiba sakit di perut gue hilang, dan kepala gue terasa berat.. sangat berat.. dan yess.. gue tertidur..

*to be continued..


18 Comments on “Cerita Usus Buntu part 3: Pls Don’t tell me, gue masuk ICU!”

  1. gue recommend lo bikin deh buku cem Raditya Dika gitu, blog lo aja udah suksesh kan di follow, nah sekalian deh ini blog dikomersilin masgem! *mata dollar*

  2. mamikila says:

    lucuuu banget! salam kenal yah *ex-anak itb juga:D*

  3. mamikila says:

    lucuuu banget! salam kenal yahh *ex-anak itb juga:D*

  4. Pandu says:

    sama kaya pengalaman gue tuh, mirip bgt.
    tanggal 8 juli taun kmaren gue operasi😦

  5. sashia says:

    minggu depan gw oprasi usus buntu😦

  6. sashia says:

    tambah ngeri bayangin proses oprasinya…

  7. wahidaturr says:

    Pertanyaan gue terjawab, thx.

  8. Sanly says:

    Hahahhaha gue ketawa senyum malem2 baca ginian, tapi sambil meringis, kenapa? Soalnya gue baru kelar operasi usus buntuuuuu =)) bayangin dong ketawa2 sambil ketarik jahitannya. Gue baca nih cerita dua kali dan tetep lucu, sekali baca setelah operasi sekali lagi sebelum operasi dan sukses bikin gue parno setengah mati, apalagi pas lo bilang kayak film awake, krn gue dibius total, cm untungnya gak kejadian sh tidur tp berasa disayat sayat hahaha. Jempol deh buat ceritanya😉

  9. Kisahnya sama banget sama operasi appendiks perforasiku 2 tahun yg lalu. Baca tulisan kamu seakan” memoriku kembali ke masa itu… Hahaha…

  10. Alexandra says:

    salam kenal, Bro.
    saya sebenernya divonis usus buntu juga, tapi blm disuruh operasi sih. belakangan kumat lagi sakitnya, mungkin suatu hari harus operasi juga.

    baru tahu, ternyata si usus boleh dibawa pulang? berarti saya harus wanti-wanti ortu supaya jangan dibuang.😀
    btw, memangnya jenis biusnya rata2 bukan selalu bius total ya?

    makasih sharing pengalamannya, Bro.

    • gemasatria says:

      Nah tergantung tuh, kalo udah parah kayak saya harus bius total soalnya perutnya dibuka ka ka! usus dikeluarin, dicuci, masukin lagi. ADOHH serem.

      Kalo belom parah2 amat, bahkan sekarang ada metode operasi Laparascopy itu alatnya kayak pensil panjang, ujungnya ada capit kaya dingdong buat nangkep boneka. Nanti perut ditujes kecil gitu aja, dia bakal motong dan bawa keluar itu usus buntu, beres dah!

  11. asih says:

    pengalaman yg sama kurleb sebulan yl aku laparatomy krn usus bocor dan itu sampe 4x dlm tempo sebulan..bisa di bayangkn betapa sakit dan menyiksa sampe hrs dibuat colostomi dan terakhir pemotongan usus..Alhamdulillah atas ijinNya aku masih di beri waktu. Terimakasih ya Alloh..skrg kondisinya dah membaik 90%


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s