Apa aja yang musti lo siapin buat masuk Plano?

Ugh berat nih. Gue ngeblog ginian gara-garanya ada satu orang googling-an trus mengarah ke blog gue ini dengan keyword kaya gini nih..

Laptop buat anak Plano?

 

 

 

 

 

 

 

Yah okelah, laptop atau komputer emang hari gini ga bisa jauh-jauh deh. Nnnah kali ini gue mau share-share aja nih apa yang ada di otak gue dulu aja kira-kira apa aja yang musti lo siapin kalo mau masuk jurusan ini. nnnehhh deaaa:

1. Laptop

bener banget nih. Laptop emang harus banget punya. Kalo lo kuat bawa PC sih ke kampus ya gapapa, yang penting ngerjainnya harus pake komputer. Laptopnya harus kuat nahan software grafis kaya AutoCAD dan Google SketchUp. Juga software peta-petaan ArcGIS. Selain itu, karena jurusan ini ngutamain yang namanya poci-poci (karena kita kan jualan ide/konsep) harus banget punya software buat bikin presentasi. Semakin bisa bikin presentasi menarik semakin bagus lah dia. FYI aja nih laptop gue sekarang Hewlett-Packard G42 361-TX. Tapi banyak juga kok yang pake netbook, tenang. Trus kalo gapunya laptop gimana? Tenang, harusnya di kampus-kampus sedia tuh yang namanya Labkom, atau seenggaknya kaya di kampus gue yang namanya beasiswa tuh berbagai macam rupa sampe anak-anaknya ditarik-tarikin buat nerima. Ada niat ada jalan, bre.

2. Koneksi Internet

Hari gini kayanya gausah Plano doang deh, Internet mah udah kebutuhan yang attached sama kebutuhan komputer. Gila ya yang namanya bagi-bagi literatur, e-book, e-journal, trus juga kalo yang namanya lagi ada di satu kelas satu matakuliah tuh biasanya suka bikin milis juga apalagi kalo Studio. Secara koordinasi informasi tuh harus satu kali pencet semua tau. Gitu sih. Parah lah kalo ga ada internet. Butuh juga buat cari-cari kasus terkini, nyari dokumen Undang-undang misalnya, wuah macem2.

3. Ketertarikan sama dunia sosial, ekonomi, dan politik

Biar kata kelar-kelar dapet gelar Sarjana Teknik, tapi tekniknya plano tuh mungkin cuma 50%nya. atau bahkan 40%nya, sisanya kita musti dealing with isu-isu sosial, ekonomi, dan politik ,secara yang kita treat tuh orang-orang yang hidup diatas satu daerah gitu kan. Keteknikan di Plano tuh biasanya seputar desain-mendesain kaya arsitek, tapi bukan 1 bangunan doang, ini 1 kawasan, misalnya yang kita desain tuh 1 ITB, atau 1 Jatinangor, dkk. Nah, masalahnya kita gabisa asal-asalan ngedesain, harus ada dasarnya, wicis si kebutuhan/kepentingan orang-orangnya ini, jadi biasanya kita juga akan ngelakuin tuh proyeksi-proyeksi kebutuhan, terus potensi ekonomi, dan macem-macemnya. Belom nanti kalo masterplan yang kita buat bakal dipake, wuh! Ada aja pasti yang kontra, biasalah. Life is already political. Apalagi di field ini. We gotta face it. Kebetulan gue kerja praktek di tempat yang politiknya kental banget. 3 kata: SERU BANGET loh!🙂 Gak ya? kata gue sih seru.

4. Ketahanan fisik dan mental

Kenapa banget? Oke, banyak yang bilang kalo plano tuh TI-nya sektor publik. Dimana banyak orang yang beranggapan juga ya berarti planner ya kerjanya dalem ruangan cukup, di belakang meja, pokoknya ga ke lapangan. Woi. Salah. Setiap semesternya kita ada matakuliah studio dimana kita pasti akan turun ke daerah yang mau kita “obrak-abrik” buat ngelakuin s-u-r-v-e-y. Dan gue harus akui survey ini SANGAT ASIK sekaligus melelahkan. Studio tapak, kita survey ke lahan yang mau kita jadiin perumahan misalnya, atau mau kita bangun theme park cem Universal Studios, atau kaya waktu itu gue mau bangun Sirkuit GoKart Internasional di Soekarno-Hatta, Bandung. Gue ama kelompok gue survey langsung loh ke lahannya, available apa enggak, sesuai apa engga sama peraturan-peraturan, bener-bener kaya developer. trus nih adalagi namanya Studio Kota, itu nanganin kota-kota kecil gitu, waktu itu gue ke Slawi, gila itu kota kecil banget dan nengok kiri sawah nengok kanan pasar nengok atas ada Allah. Seminggu deh survey disitu. Memorable banget deh parah~~ jadi kangen deh.

Truslagi nih, pas studio wilayah, gue ke Kabupaten Indramayu, gila itu nyurvey satu wilayah yang segede Jakarta! Masalahnya ini isinya cuman persawahan, tempat pelelangan ikan, ama jalur Pantura. Mamam! Ya gak semuanya sih sepi kaya daerah terlantar gitu, ada kok kehidupan, pasar, California Fried Chicken, dan macem-macem gitu deh. Dan lagi-lagi kita dilepas selama seminggu, ngewawancarain orang-orang disitu, trus liat-liat infrastruktur. Kesana-kemari membawa alamat, naik angkot yang cuman itu-itunya bentuknya Elf yang orang situ nyebutnye “ELEP”.

Ini dia Maket Tapak Sirkuit Gokart Internasional gue!! Seru yaaa🙂 TAPI bikinnya kagak tidur berhari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Trus satu lagi kenapa lo harus kuat fisik dan mental. Planologi gue akui gak susah. Yang susah adalah bagi waktu buat ngerjain tugas-tugasnya yang gila banyaknya. Semakin tinggi semesterlo, semakin sering lo nginep di kampus atau at least nginep di kosan temen lo buat ngerjain tugas bareng. Gue pernah loh 3 harian gitu gak pulang ke kosan demi ngerjain tugas. Wuh kalo ga kuat tinggal lambay tangan aja kali ke kamera ntar didatengin Heri Panca.

____

Gue rasa itu dulu deh, kalo tar ada yang mo gue tambahin tar kalo kurang bilang… Qeeyyhhhh?


2 Comments on “Apa aja yang musti lo siapin buat masuk Plano?”

  1. pinkvsgrey says:

    Gue pengen masuk plano nih kak baru angkatan 2013 haha…
    Btw, good article :))


Leave a Reply

