Cerita Usus Buntu part 4 (end): Post Operasi Perut Gue Semakin Kencang!

6 hari 5 malam gue nginep di Rumah Sakit Dharma Nugraha di Rawamangun. Enak ga enak sih, enaknya adalah makanan dateng sendiri ke tempat tidur, tapi lo jalan-jalan tuh gak bisa.

di ICU, gue baru ngerasa bahwa yang namanya Kentut tuh sangat berharga. Karena habis operasi buka perut, kalau belom kentut gak boleh minum ama makan. Alasannya adalah karena obat bius yang disuntikin ke badan itu gak cuma melumpuhkan badan lo aja tapi juga organ-organ di dalem tubuh lo termasuk usus. Dan si usus ini sepanjang hari selalu melakukan gerak peristaltik atau meremas-remas. Tapi, karena kena obat bius si usus ini istilahnya ‘tertidur’ gitu. Nah, ternyata meskipun kita udah bangun dan sadar dari biusan, usus ini masih tetap malas bergerak sementara itu isinya kosong, alias cuman isi angin. Nah ketika dia udah mulai gerak lagi, saat itulah gue teriak ke suster di tengah siang bolong yang sepi parah, “SUSTERRR!!! SAYA KENTUTTTT!!!”. Bro n sis, lo tau kan ya, ruang ICU tuh ga ada tv ga ada suara apapun, sunyi senyap, makanya gue gak heran orang masuk ICU pada mati semua, meanwhile gue teriak-teriak kaya gitu, “SUSTER!! SAYA BARUSAN KENTUT!“. Bodo amat gue gak malu, GUE AUSSSS!!

Tapi apa coba kata susternya, “Bentar ya gema, nanti tunggu dokter dulu kamu boleh makan minum atau belum“. Dafuqqqqqqqqqqqqqqqq!! gue udah menunggu berjam-jam biar bisa minum😦 sedih.

Ketika gue dipindah dari ICU ke ruang perawatan biasa, itu badan rasanya masih agak lemes, rambut berminyak karena gak pernah mandi, dan kumis dan jenggot udah menjuntai-juntai sampe lantai (yang terakhir boong, tapi lebat sih, udah makin mirip engkoh-engkoh deh.) Terus si perut ini rasanya masih suka perih-perih dan gue gak ngerti yang sakit itu jahitannya atau isinya.

Emang deh, yang namanya post operasi tuh pasien butuh banget dukungan semangat dan moral, karena gue udah kepikir yang engga-engga, apakah operasi gue berhasil? apakah jahitan di dalam perut gue brodol? apakah selamanya gue akan terkapar di atas kasur? Walaupun kadang semua kekhawatiran gue itu mungkin gak terjadi, tapi bayangan-bayangan buruk tuh selalu lewat dan seiring berputarnya jarum jam semakin lebay. Jadi maklum aja kalo pasien jadi kekanak-kanakan waktu dirawat.

Anyway, ketika akhirnya gue boleh makan, wuh gue semangat banget. ENAK banget sih makanan rumah sakit, gue pikir kaya di Borromeus (ketawan pernah nyicip) yang semua makanannya anyep alias ga ada rasanya. Ini beneran deh, enaknya super. Dan satu yang gue heran pada saat itu, gue abis operasi usus kok dikasih makannya udah hardcore begini ya, ada ayam, daging semur, terus sayur buncis-wortel yang kalo digigit renyah krauss-krausss.. gitu. Makanan pertama gue waktu itu dikasih pada waktu makan malam. Tidur gue nyenyak enak deh.

Besoknya, gue tiba-tiba mules gak tau kenapa banget. Serius itu perut perihnya minta ampun. Kekhawatiran muncul lagi. Yang heboh siangnya. Gue muntah-muntah! Dan lo semua harus tau, secara jahitan di perut gue belum kering, setiap batuk, atau bersin tuh sama dengan neraka. Perut lo mengejan dan jahitan lo ketarik semua. (FYI aja gue pernah baca kalo setiap bersin, manusia tuh ngeluarin angin dengan kecepatan 100km/jam kalo gasalah ya, jadi bayangin aja gimana perut lo menekan supaya udara keluar sehingga jahitan lo ketarik) Nah, ini apalagi gue muntah, itu perut mengejan berkali-kali, dan sesaat setiap gue habis muntah jahitan ketarik, teruss aja kaya gitu. T_T Nyiksa banget deh.

Akhirnya hari itu makan siang dan malam gak gue makan, enek banget nyium bau opor dan semur, meskipun enak tapi tiap nelen muntah, nelen lagi muntah lagi. dan lebih neraka lagi, setiap muntah jahitan gue ketarik-tarik.😦

Tapi alhamdulillah besoknya gue udah kembali seperti biasa lagi, dikasih pencahar yang dimasukin lewat anus sama suster.. aku jadi malu

Suster berkali-kali tiap mandiin gue di tempat tidur dan ngasih makan nyuruh gue jalan. Akhirnya gue berusaha untuk mulai jalan..

1st attempt… Dibantuin nyokap, gue mau nangis rasanya, karena ngangkat badan gue untuk bangun dari posisi berbaring tuh gak bisa. Gue mau nangis karena gue lagi-lagi khawatir dan otak logis gue berpikir kalo ternyata tendon otot di perut gue udah dipotong waktu operasi sehingga dia gak punya kekuatan lagi untuk mengangkat separuh badan atas gue. T_T gue gak mau seumur hidup setiap pagi dibantuin ngangkat badan..

Akhirnya bisa sih ngangkat badan, tapi begitu posisi badan gue udah duduk, tiba-tiba pandangan gue gelap, seisi ruangan menghilang dari pandangan, efeknya kaya fading out dari atas ke bawah gitu. Gils! Gue hampir pingsan. Kayanya darah dari otak gue mendadak kehilangan suplai darah karena gue bangun. Untung gak sampe pingsan sih, cuman gue lagi-lagi khawatir, apa jangan-jangan jantung gue melemah sehingga ngalirin darah ke otak aja ga kuat..

2nd attempt … Gue bisa duduk lagi, yaay! Tapi dari posisi berbaring gue ga bisa langsung narik badan gue ke atas, karena jahitannya kerasa sakit. Jadi gue harus merengin badan sambil tiduran ke arah samping baru deh narik ke atas. Eh begitu gue nginjek lantai, itu gue gemeteran dong, ni kaki kaya baru pertama kali jalan aja dah. Sumpah serem. Tapi terus gue pake jalang sambil ratap-ratap tempat tidur gitu aja udah pusing, terus gue tiduran lagi deh abis itu..

3rd attempt … Gue bisa jalan-jalan yay dari tempat tidur ke kamar mandi, trus liat-liat pemandangan di balkon kamar, trus ngintip2 lewat pintu kamar ke koridor rumah sakit gitu. Tapi suka pusing-pusing gitu. DAN jalan gue ga bisa tegak, udah kaya kakek-kakek! Karena nih pemirsa, setiap gue menegakkan badan gue, itu jahitan di perut rasanya suakittt banget! Kencang! Aneh padahal buncit tapi rasanya kenceng banget, si jahitan tuh terus menerus memaksa badan gue untuk tetap membungkuk.

—-

Selama sebulan setelah operasi, bahkan setelah gue kembali ke Bandung untuk beraktivitas, ternyata jalan gue masih gak bisa tegak. Udah mirip punakawan atau semar gitu, pantatnya jenthit ke belakang sambil berusaha tegak gitu. Aneh abis deh bentuk badan gue.

Setiap gue berbaring, gue masih gak bisa langsung gitu ngangkat separuh atas badan gue serta-merta. Harus mereng dulu ke samping, terus bangunnya nyamping juga. Selain itu, setiap gue mereng kanan atau kiri, itu rasanya isi perut lo pun juga akan ikut pindah. Jadi kalo gue tiduran mereng ke kanan, maka isi usus lo rasanya mengalir juga ke dasar perut lo di sebelah kanan, begitu juga kalo mereng ke kiri. Hih. Serem!

Yang sedih lagi, kalo lo tiduran di atas bidang yang sangat flat seperti misalnya lo tiduran di lantai, lo gak bisa tidur bener-bener lurus kaki selonjoran gitu. At least gue harus nekuk lutut gue, supaya jaitan gue gak ketarik. Iya! Si jahitan gue itu udah kaya benda hidup yang ga suka diregangkan. gak bisa nih tiduran kaya gini..

>——–|—O

harus kaya gini, lututnya nekuk.. (O itu kepala)

_/\____O

kalo lo tengkurep, terus berusaha back up (lawannya sit up) itu gak bisa. Karena perut lo kenceng bangettt bener-bener gak lentur lagi kaya sedia kala…

Ini adalah foto-foto abis operasinya hehee.. BB17+ nih!

Ini diaa bekas jahitannya. Si makhluk yang selama 1 bulan gak mau diregangin dan kerasa kenceng terus. hehee

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Itu bekas selang drain. Intinya yaudah selang kaya yang di aquarium gitu aja dicolokin ke situ buat ngeluarin sisa-sisa darah dansebagainya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

__________

Alhamdulillah seenggaknya sejak sebulan setelah operasi sampe sekarang kehidupan gue udah kembali normal, kecuali…

“Dok, ini perut saya kan ototnya dipotong sama dokter pas operasi, masih bisa six packgak? Kalopun bisa ntar kan bentuknya gak beraturan ya, Dok? (harap-harap cemas sama jawabannya)”, “Tenangg,, kan itu saya motongnya persis ditengah perut, lagipula badan kita tuh hebat dia bisa nyambung sendiri ke jaringannya dia yang semula”. 

Hufffffffffffffffffffftttttttttttttttttttttehhhhhh…

“Dok, saya kan hobi berenang tuh, kapan saya boleh berenang lagi?”, “Ntar.. 6 Bulan lagi..” 😦

“Dok, kalo fitness boleh gak?”, “Pake alat ya? Jangan dulu! 1 tahun lagi lah palingan, gak papalahh gendut-gendut dikit..” :3

kata dokter gue, “Kamu gak boleh kecapean ya, ga boleh angkat-angkat benda berat sampe setahun”

Di satu sisi yesss gue bisa ngeles kalo lagi berat-berat hahahahhh >:), tapi di sisi lain lama jugeak yeah setaonnn..

Anyway pembaca ku yang budiman, sampe sekarang emang bener sih, kalo gue kecapean, atau begadang ngerjain tugas ampe pagi tuh ya, rasanya nih jahitan gatau deh kok suka rasanya ckit-ckit.. gitu gue ga ngerti gimana jelasinya pokoknya suka nyelekit gitu kaya ditusuk2 jarum2 kecil, gak sakit sih, paling kaya digigit-gigit semut gitu.

Yah.. mau gimana lagi, konsekuensi lah abis operasi besar gitu kan?

Nah, pembaca ku yang soleh dan solehah, intinya gausah takut kalo mau operasi besar cem gue gini. Dan jangan banyak pikiran berlebihan, kalau berasa kok gue gak pulih-pulih seenggaknya memang 1-2bulan post operasi fungsi-fungsi tubuh kita belom kembali sepenuhnya normal. Dan itu sangat normal kok. Yang penting jangan kecapekan dan makan-makanan bergizi aja jadi jaringan otot yang dipotong sama dokter bisa lekas tumbuh lagi dan luka nya nutup.🙂

akhirnya selesai juga rangkaian Cerita Usus Buntu ini..


149 Comments on “Cerita Usus Buntu part 4 (end): Post Operasi Perut Gue Semakin Kencang!”

  1. koprolkata says:

    Gema lebaaayyy… Tapi sebagai pembaca yang solehah saya cukup menikmati penderitaanmu eh.. Ntar kalo punya bini trus lahirannya terpaksa c-section, ya udah tau donk ya sakitnya kayak gimana.🙂

  2. tonybedah27 says:

    Gema op lagi aja hahaa kan udah berani , saya mau ke bandung nih kemana enaknya dr tony sukentro

    • gemasatria says:

      walaaah dibaca sama dokternya hahaha..

      yakali dok, amit-amit saya tidur di meja operasi lagi. harus sehat terus.😀

      di bandung mah banyak makanan paling, Dok. Ke rumah sosis, atau rumah gajah aja mungkin buat anaknya dokter bisa sambil main-main hehe.

    • april says:

      Haiiii aku juga salah satu korban si usus buntu tepat 8 hari yg lalu aku op si rs ciawi-bogor tapi sampe hari ini masih belom bisa bab😥 pipis pun masih pake kateter😥

  3. hergo says:

    Lebay ah

  4. hergo says:

    Sebagai teman saat menjalani pendidikan spesialis di FK-UI, memilih Dr Tony memang udah tepat, semoga lekas sembuh

  5. wulan.choclat says:

    oh 2bln post opras mang msi gtu ya rsx, alx qu jg ne bis oprasi, n qu pkir prut qu sobek g.

  6. dedy says:

    Tmpt w mah plg 5cm , 2,5buln udh fitnes, renang, futsal..

  7. mama al says:

    Salam kenal om gema, membantu sekali baca tulisan om gema, krn sy jd tau halmyg mungkin dirasakan anak saya. Alfito 3th 4 bln, sdh terkena usus buntu akut (mendadak) sbg ibunya sy shock berat krn selama ini al ga pernah mengeluh kl sakit perut. Dan sy selektif sekali dlm memberikan makanan. Al memang agak sulit makan sayur dan buah. Tp sy selalu berusaha memberikan sayur dan buah dgn cara lain. Tp hal itu msh blm bisa menghindari al dr usus buntu ini. Mohon doanya ya om gema… makasih tulisannya yg kocak bikin hiburan😀

    • gemasatria says:

      Wahh.. salam buat dek Al ya bu.. semoga lancar.. kalo kata orang usus buntu tuh operasinya kaya sunat kok, cuman masalah waktu aja kapan dia meradangnya, kalo lagi sehat mau diangkat juga gapapa. tapi kan op nya mahal hehe..

      Semangat, Bu! Terimakasih udah berkunjung.

  8. rina says:

    Lucu celotehannya lumayan buat semangatin gw yg baru ǎ̜ƾɑ 4 hari yg lalu operasi usus buntu……
    Pengalaman pertama dan mudah”an terakhir sepanjang hdp gw di operasi…
    Bener banget kalo bersin dan batuk gileee sakitnya…..
    Mudah”an sehat terussssss…..
    Jgn sakit” lagi…

  9. chiko aditya says:

    Salam para Alumni Op apendixtis ( usus buntu ) kenapa bisa buntu?? tanya aja sama yang bikin gang nya..ngomong-ngomong soal kentut ( maaf,lebih tepatnya buang angin yg nyerempet2 fases ) bau donk? emang berharga banget buat kelangsungan hidup kita..8 hari lalu setelah gw post comment ini, gw masih terbaring menantikan kentut yang tak kunjung tiba pasca operasi usus buntu..istilah kerennya BEDREST! tiduran posisi terlentang,kaki lurus dan kepala rata dengan kasur tanpa bantal, bukan bantal yg tidak ada justru memang seperti itu prosedurnya.Dan pada akhirnya setelah penantian panjang selama kurang lebih 7 jam si kentut itu pun berhembus lembut diantara lesung pipit bokong sexy gw….Amin lega rasanya,biasanya sendok dipakai untuk makan, ini dipakai untuk minum!! Bayangkan pemirsa, tersiksanya artismu ini..Masa pemulihan pun berlangsung cukup singkat setelah 2 hari pasca op gw udah disuruh pulang,kenapa disuruh pulang?????karena di RS cuma mau numpang KENTUT.. heheheheh…..thanks Gema dkk semua semoga kisah kita para alumni apendix tetap meyakinkan mereka yg takut sama op usus buntu segerakanlah untuk ke dokter. Kentut itu anugerah terindah dalam hidup kita kawan……Thanks

  10. hanifa says:

    ka gema, aku juga uda operasi kecil usus buntu rasanya nyiksa bgt

  11. ilma says:

    saya juga persis apa yang dirasain itu.. apa lagi kalo bersin sama batuk yang gak bakal terlupakan😀

  12. andy wijaya says:

    Mlm mas gemaa… Kita sama2 alumni post op App (Operasi Apendiks). Aku baru td sore keluar dri RS setelah operasi APP pd tgl 18 Maret 2013. Memang benar, menunggu saat2 kentut itu sangat mahal sekali… Aku aja sampai nangis karena perutku kembung nggak kentut2. Tp alhmadulilah setelah itu berjalan lancar lg. Tp mulai kmrn / 2 hri stlh operasi kepalaku pusing bgt sampe hari ini.. Bagi teman2 semua yg ingin operasi APP silahkan.. Dan bg yg lain, jangan menggap remeh operasi App, walaupun yg di operasi itu kecil, tp sakitnyaa setelah ituuu… Ammmppuuuunnnn…….

  13. izti says:

    Ane tgl7 maret kmrn op.usbun om!tp ane pas hari 5 dibekas operasi rembes ngluarin darah ama nanah.kt dokter usus ane emg dah infksi.tdnya nyokap diajarin ma dokter bwt bersiin nanah nya.wkt itu tepat seminggu pasca op,jaitan dah dcabutin 3(Punya ane dijaitnya satu2,tktnya ada nanah keluar biar gmpng bongkarnya).wuih..gile sakitnya.back to cerita dokter ngajarin nyokap.dokter ngeliatin cr brsiin nanah dngn cara jejel2in kasa ke lubang yg dah dbuka jaitanya.nyokap malah ktakutan n ga mw,lha ane aja teriak2 nahan sakit djejelin kasa.alhasil d rmh pnggl perawat tiap hari bwt brsiin nanahnya.

    • nana says:

      maaf mbak sampe berapa lama ya keluar nanahnya. soalnya adaek aku juga ngalaminya. agak parno juga jadinya. ada efek sampingnya ga mbak? maksih ya buat infonya

  14. Maya susanti says:

    Wow…. Thx artikel nya ka..
    Sengganya menenangkan saya stlh pasca operasi usus buntu^_^ .. Saya kira cm saya ajah yg harap 2 cemas knp prt trsa kncang :-!
    Dan.. Crt pjg kaka yg gokil abis jd jwbn kebingungan saya. Hahahahahha…
    Di kemas dg bhasa yg lengkap, dr mulai proses kentut mpe gaya tidur mpe cemas apakah usus pasca operasi ok or tdk..
    ^_^ Bersyukur kaka bs lewati semua nya..
    Saya jg bsyukur sdh lwti masa2 oprasi. Tuhan menyertai saya dr awal mpe skr proses pemulihan. ^_^ Pengalaman kaka jadi berkat buat para pmbca khususnya kita2 yg alami oprasi appendix jg.
    Thx a lot..
    Jesus bless you..

  15. Puspita says:

    Lepas jahitan pasca operasi app sakit ga sih??? Soalnya seminggu kemarin jahitannya udah dilepas tp masih harus disisakan krn utk jaga2… tadi genap 16 hari pasca operasi periksa lagi tp katanya belum bs dilepas semua…. masih ngeri kata dokternya😦

  16. firman says:

    thanks bro ats crtax, bkas jahitanx persis ama gue. gue operasi 18 april tp sampe saat ini msih tkut braktifitas, brpa lma sich istrhtx bro untk bsa aktif krja lg..??

  17. bimo says:

    Gema, tolong sharing dong…
    Paska operasi perutnya buncit/kembung gak?

    Soalnya saya hampir sebulan paska operasi potong usus besar&apendix tp sampe skarang perut msh kembung dan buncit.

    Kapan ya bisa kempes kembali normal?

    Thanks

  18. tari says:

    salam super senior op usus buntu. gue belum sebulanan paska op. sore ini gue nyasar ke blognya senior. gue pasang drain juga loh. katanya kalau pasang drain itu udah parah kan ya. huhuhu. sekarang habis operasi yang bermasalah lambung gue. asam lambungnya suka naek. jadinya tiap dua jam gue harus memaha biak. mana ngga bisa olah raga berat. harus milih mau gendut apa mau sakit😥 *curhat*

  19. Indah Nastiti says:

    Baru baca nih…menarik juga, soalnya gw baru operasi usus buntu jg. Yg jelas, bagian perut jd kencangnya bikin iri. Perut gw buncit jadinya abis laparaskopi😦

  20. ban9coga says:

    hahah kisah yg bagus gan
    ane udah stahun lebih ni operasi appediks
    cuman jahitannya jelek amat gan agan mending lah gak keluiatan kali
    gua kayak klebelah gt prut gw (loh kok mlah curhat)
    yakin gan kalo udah operasi ni perut bisa sixpack ato gan meminimalkan perut yg buncit ni yg habis operasi
    pengen sixpacksoalnya klo buncit kyk gini keliatan kali belahan abis dijaitnya gan

  21. ban9coga says:

    oiya drain itu apaya gan
    trus kamrin agan ditaroknya dimana

  22. Ihsan1990 says:

    jahitan bekas laparotomi aq lebih panjang daripada situ…

  23. Ihsan1990 says:

    oya,aq juga pake drain ko sebelah kanan karena dah pecah endonya,, dan jahitannya lebih panjang.. tapi bukan usus buntu, tapi op endometriosis..

  24. Davina says:

    Hallo kk semua salam kenal.. Sy jg hbs operasi usus buntu tgl 11 sepetember 2013 kmren di rs.hermina bandung.. Bertepatan dengan hari jadi pernikahan sy dengan suami😦 sediiiiihhhhh sekali rasa nya… Mana sy lg hamil anak ke 3.. Untung lah skrg sy berangsur mulai pulih cuma sampai sy menulis tulisan ini rasa mual yg teramat sangat masih sy rasakan.. Entah itu efek apa sy gak tau tuh.. Sy ketawa2 sendiri baca blog ini sampe suami sy terheran2.. Sumpah ini blog lucu bgttttt sy ketawa sambil nahan sakit di perut.. Hehehe..

  25. Paul Rampisela says:

    hm….penuh info & lucu cerita om gema nehh:), sy juga tgl 20 September 2013 abis operasi usus buntu, pasca operasi, stlh bius lokal hilang 100%, dan bisa kentut, sy tanya suster kapan bs minum, katanya nunggu dokter besok pagi, ampun saya mesti nunggu info selama 16 jam:(
    saya minum sedikit (seluruh dlm mulut sy basahi dan keteguk sedikit air wkwkwk) dgn asumsi toh organ usus dll uda berfungsi dan jlh air yg terteguk belum cukup utk sampai di daerah operasi:)
    btw trims banget ceritanya…

  26. budiyanto says:

    it’s dame right…

    pas banget yg gw alamin, gara2 ketawa sampe sakit perut baca tulisannya.. cuma sepertinya saya lebih parah karena sayatan vertikal saya lebih panjang dari mas gema (dari pusar masih ada 5-6 cm) …fyi gw operasi di ADVENT bdg. masa recovery baru berjalan 2 minggu.

    thanks tulisannya …menghibur dan membantu mental gw kalo keluhan2 yg ada Masih batas normal.

  27. usi says:

    hai k, gue hampir aja oprasi usus buntu,,
    tapi gak jadi mungkin awal tahun…
    kira-kira habis oprasi itu berapa hari dulu yah baru bisa beraktifitas lagi…
    thanks

    • gemasatria says:

      lho kok op usbun bisa ditunda sih. ati2 kalo infeksi dan perforasi bisa sampe ko-it tp bukan nakut2in loh. kalo ada masalah lsg ke dokter aja ya hehe
      gue sih sebulan. tp karena gue parah banget sih nah itu yg gue hampir koit

      kalo cepet diambil mah seminggu juga udah bisa haha hihi lagi katanya

  28. firdausi says:

    Hallo senior. Keren dah ceritanya. Aku baru baca, karna abis oprasi usus buntu juga seminggu yang lalu, dan lagi googling efek dari op usbun. Soalnya perut jadi buncit, sering begah, dan konstipasi. Haha. Emang bener yang paling nyiksa itu kalo batuk sama bersin. Berasa mau copot ini perut.
    Tanya dong, berapa lama rasa perih ckit ckit itu ilang? Sampe sekarang, kalo bangun tidur masih harus mereng2 juga?

    • gemasatria says:

      sampe sekarang sih kalo capeeeeeeeeeeeek bgt suka tiba2 cekit2 sendiri tp gapapa sih

      ya enggalah gilaa haha udah normal sekarang mah. bahkan gue udah fitness berenang lg

  29. Nacita says:

    Hallooooowww.. Kk Gemaa..

    Lucu Deh ih Tulisannya, Bikin aqu yg msh merasakan sakit pasca laparoscopy usus buntu ini ketawa ketiwi sendiri.
    Aqu Op tgl 9 Nov kemarin,2Hari di RS sdh boleh pulang, tp msh bedrest dikasih surat istirahat seminggu.dan pas sampai dirumah malah panas dingin meriang gitu K, trus barusan tadi ( 14Nov ) aqu coba jalan ke mall dekat rumah,jaraknya ga jauh banget sih,baru sampe muter2 sebentar (15menit ) didalam mall trus udah keringat dingin,mual,pusing,lemes,nafas tuh rasanya ngos2an gitu K. Alhasil sampe rumah sudah tidak bisa tertahankan lagi langsung nembak # muntah semua keluar sampe ada lendir darahnya gitu K.ga ngerti lendir dari tenggorokan yg luka karna batuk2 saat muntah atau dari luka lambung/ususnya.tapi perut ga terlalu nyeri rasanya.
    Nah, apa emang beneran ga boleh jalan2 jauh dl ya pasca operasi itu ?pdhl udah ga terlalu nyeri luka bekas operasinya K. Mual ma Muntahnya itu sampe kapan ya menghinggapi aqu ??
    Maaaaciiiihh ya Kk Gema,tulisannya membantu sekali deh🙂

    • gemasatria says:

      gue sih seminggu setelahnya (seinget gue) udah jalan2 di kelapa gading. tapi ya itu, karena perutnya kenceng banget jdnya pantatnya gatau kenapa jadi njenthit ke blakang persis wayang semar gitu. haha ga ens banget deh

      yaudah jalanin aja lama2 juga sehat lagi kok. kalo parah sok cepet ke dokter aja lagi buat kontrol post-op

  30. Indah Juniyanti says:

    Sumpeeehhh asooiii ceritanyee broo… iyaa barusan jg gw operasi usus buntuu… ada adaa aja yee proses pemulihan nyee… gampang kembung sakit.. gmpang capeee gituuuu

  31. febryanti eka wiguna says:

    Haha sama persis sama yang kaya gue rasain sekarang, itungannya sih gue udah semingguan pasca operasi usus buntu, pas gue liat ternyata lukanya kecil banget, tapi rasanya ampunnn nyeri dan jadi sering ragu kalo mau gerak karena kepikiran bakal ngaruh ke jahitannya atau engga.. Sedangkan life must go on kan? Mau berapa lama lagi kita nunda kerjaan? Walaupun sebenernya males-malesan dirumah dan banyakin tidur itu ide yang menggiurkan..😀 haha anyway thanks buat postingannya🙂 ( yang lagi gue bingungin sekarang itu, luka gue udah boleh basah belum yah? Badan udah gatel-gatel ini pengen mandi haha )

    • gemasatria says:

      Wah yang ngepost bau kepet rupanya. Hahaha. Udah kontrol ke dokter belom? Tanya aja udah boleh mandi belom..

      • febryanti eka wiguna says:

        Haha kali dah bau kepet..
        Kemarin tanggal 3 sih udah kontrol, dokternya pegang-pegang lukanya dan cuma bilang udah bebas mau makan apapun, sama aktifitas normal.. Ayeee akhirnya boleh mandi juga..
        Anyway, tapi emang beneran jadi gampang cape gitu yah? Soalnya gue ngerasa kalo abis beraktivitas, jantung gue kaga jedar jeder + nafas ngos-ngosan gitu..

  32. sekar says:

    Ngeri juga yaa…baca posting gamma tp lucu😀. Ak jga hbs oprasi usus buntu 3 minggu yg lalu tp krna blm akut jd oprasi’y mungil cma 5 cm.ak pikir op itu menakutkn tp ternyata lbh menakutkn saat kita menunda op krna bisa lbh parah klo usus’y udh pecah atau gmna gt istilah dokter,sekarang dh krja lgi tp msh ngeri gan…udh blh ga ya bw motor?trs yg di mksud luka dlm apaan ya?soal’y sering pda bilang hati2 dgn luka dlm’y..tlg info’y yaa…thnk’s

    • gemasatria says:

      Haha thanks for reading, but it’s Gema here.
      Yak kaya gue ini katanya udah pecah. Soal luka dalem gue juga sempet parno sih abis katanya bikin usus jadi kelilit kan. Tp engga sih.. kalo mau kontrol lgi aja ke dokter bedah lo. Hehehe semoga lekas pulih total!

  33. vino says:

    brpa lama pasca operasi bru kuat fitnes brohh????

  34. Maya says:

    Cerita nya sama persis apa yg tlah gua alamin 1 blan yg lalu .

  35. ireneindah says:

    ceritanya lucu tapi horor..
    gue udah ngebayangin operasinya horor bgt… kebetulan gue usus buntu kronis yg udah disodorin surat pengantar operasi dan rawat inap. kata dokternya mumpung msh kronis blm akut harus secepatnya di operasi.. ternyata klo akut resikonya lebih horor ya ampe ada nanahnya gitu >_< .

  36. nana says:

    mas gema ada tips ga buat nyamarin jahitan bekas operasi usus buntu? Adek aku kemarin baru aja operasi usus buntu. adekku parno ma bekas lukanya soalnya lumayan panjang.

    • gemasatria says:

      nggg.. apa ya.. kalo kata orang cowok ada bekas jahitannya Macho (buakakaka) jadi yaa udah deh saya sih woles aja..

      dokter saya sih ngasih salep gitu tube nya warna pink buat mencegah bekas lukanya mengembang jadi kaya lintah menggembung di atas kulit. pake itu aja. saya lupa namanya tapi.. maaf ya. atau pake Glyderm tuh yang ada di iklan-iklan hehe

    • elfi says:

      pake kenacort injeksi mba,, itu bisa minipiskan keloid
      meski keloid udh bertahun pun msh bs kempis.

  37. Aditya says:

    Hahahah bagus ceritanya ka oh iya saya mau nanya nih jadi adek saya kemarin abis operasi usus buntu itu udah pecah alhamdullilah sih berjalan lancar tapi adek saya udah kentut cuman dia muntah muntah ijo gituuu
    Padahal dia udah kentut kata dokter sih usua nya masih lemah cuman aku ga tega liat nya
    Minum sih boleh tapi makan gaboleh sementara dia laper banget
    Itu gimana ya ?

    • gemasatria says:

      aduh muntahnya ijo, untung gak rainbow puke ya kaya di 9gag (maaf becanda).

      punten pisan euy saya gatau musti gimana hehe.. ditahan aja nurutin kata dokter. laper kan bawaan perut aja sih. kalo nutrisi mungkin bisa diganti pake infusan yah hehe..

      saya balesnya telat nih. semoga pas kamu baca ini adeknya udah bisa makan mcd. (saya aja makan mi ayam 4 hari setelah ops, bodoooamaaat hahaha)

    • prameshtya says:

      Sori mau bantu jawab..

      Saya juga pernah mengalami muntah yang berwarna hjau seperti itu.
      Jadi klo kata dokter saya itu bisa terjadi karena efek dri obat bius yg masih tersisa..
      Krn obat bius tidak semerta-merta langsung hilang bersamaan dgn tubuh kita yg sudah tidak terkena bius lagi.. Dari bau’nya jg seperti obat bius.

      Untuk makanan, klo saya sih jujur waktu itu sama sekali gak bisa masuk makanan (mulai makanan enak sampe bubur putih). Karena mencium aroma masakan saja saya langsung muntah.
      Jadi asupan makanan saya pada saat pasca operasi (bubur bayi instan rasa beras merah, coklat, susu, sama buah)

      Mungkin bisa di coba untuk adiknya.
      Dan mungkin bisa juga di coba sama yg lain, yg mungkin pernah merasakan hal yg sama.

  38. lala says:

    tidak seharusnya baca ini setelah operasi usbun. bikin ketawa namun membawa sengsara.

  39. fachrul rozi says:

    Kalo BAB berapa lama setelah operasi?

  40. prameshtya says:

    Hi Gema.. thanks info’nya

    Pengalaman gue pasca operasi sama banget sama yg lo rasain gem!
    Mulai dari lebay’nya pemikiran2 gue tentang kemungkinan gagal operasi, mual2, muntah pas nyium bau masakan, sampe posisi tidur.

    Eh tapi lo ngerasin juga gak sih betapa dingin dan menegangkannya ruangan operasi? :s *pertanyaan gak penting sih* hahaha

    Dan tau banget gue gimana rasa sakitnya pas bersin, batuk, muntah, bahkan ketawa..
    (parahnya, saat itu gue di jengukin sama temen2 gue yg iseng2 banget) yaudah tiap ketawa nyeri2 deh tuh perut.. hiih kzl!
    Tapi sekarang.. Alhamdulillah udah bisaa ketawa dengan bebas dong😀

    Sekarang ini udh hampir 2 bulan, tapi rasanya perut gue masih suka nyeri sendiri, trs ngilu2 (atau klo bahasa lo cekit2 gitu) ;(
    Awalnya gue pikir gue bisa sembuh lbh cepet, sekitar 2 minggu atau 4 minggu gitu.. ternyata lamaa..

    Gue sempet khawatir takut gak bisa aktivitas berat lagi kya olahraga yg memacu otot perut ikut gerak.. denger jawaban dri dokter lo ternyata lama jg yaa.. 1 thn😦

    Sedangkan gue mau ngejaga bentuk badan gue supaya ttp terjaga kekencangan otot’nya.. (gak goyor2 gituuhh):/
    Ada saran gak gema ttg olahraga yang mungkin bisa dicoba untuk orang2 yg dlm masa pemulihan pasca operasi usus buntu?

    Klo ada, boleh dong di share.. hehehe thank you

  41. heru says:

    mau tanya tolong di jawab dengan cepat ya ,,,kalau jitan di usus itu lama2 menjadi jaringan apa ….terima kasih atas bantuan nya

  42. chavaia says:

    Hai Gema, lucu banget ceritanya. Aku juga habis op app sekitar 3 minggu lalu. Kaget juga, setelah pulang ke rumah kok perut jadi buncit, kembung, cepet lelah. kalo skrg sih udah lumayan walaupun msh keliatan sedikit buncit. Perut msh suka ckit ckit juga. Belum lagi skrg ini asam lambung sering tampil. Trus Gema sendiri skrg msh buncit ga? kondisi kembali normal semuanya butuh waktu brp lama ya? Makasih ya

    • gemasatria says:

      Haha wuaduh kalo ngaku buncit ntar pasaran gue turun, Chav. Yah 6 bulan sebenernya udah normal lagi kok, cuman jangan heboh2 aja dulu ngapa2innya. Gue bandel sih berenang pas 7 bulanan kali yah. Tapi ya nyadar aja supaya enggak berenang total. Setahun lah udah boleh pede jingkrak2 headbang ama moshing di konser rock. Hehe.

  43. dian puspita says:

    Hai gema, salam kenal sesama alumni op app huehe. Apa yg lo ceritain disini exactly sama yg gue rasain. Ni hari ke 21 pasca operasi si usbun😀 dari sblum op gue dah baca2 tulisan lo🙂 oya, usbun gue juga dah mayan parah, sampai dipakein drain juga. Pas nyopot drain itu, naudzubilah rasanya cetar bangettttt. Huhuhu

    • gemasatria says:

      hahaha cetar banget tuh maksudnya suakit banget gitu ya?

      Seinget gue dulu pas nyopot drain ngilu aja sih, terus kayak ada bunyinya “SSSUPP!” gitu. Tapi udah lupa juga sih hehe..

      Semoga cepet sembuh ya, Dian! Cepet pulih! Amin!

  44. elena says:

    Blognya berguna banget buat informasi gw sebelum, dan pasca operasi usus buntu. Akhirnya gw memberanikan diri buat operasi juga. Hehehe. 7 jam setelah operasi laparaskopy, gw udah bisa jalan, gw memberanikan diri buat jalan, walaupun masih sakit, soalnya ga bisa pipis di pispot. Ga keluar gitu. Hahahaha. btw gw juga udah nonton operasi gw dari cd yg dikasih rs. Serem. Thankyou gema sharing cerita operasinya

  45. nando says:

    Ka gem… Mau tnya pas selang drainnya dicabut sakit ga??

  46. seroja says:

    saya udah 2bulan setengah operasi usus buntu,tapi kok masih terasa nyeri di bekas jahitan ya mas.warnanya merah hanya sekitar 2cm,yang 3cm nya kering.harus nunggu berapa bulan lagi ya mas gema,bekas jahitan tidak terasa nyeri lagi atau sengkring2(istilah orang jawa).saya nulis ini juga kondisi bekas jahitan terasa sengkring2.apa nama salep buat cegah bekas jahitan muncul keloid?kali aja tau mas. salam kenal.

    • gemasatria says:

      Halo Seroja, kalau soal itu saya gak tauu. Saya bukan dokter. Coba aja dikonsul ke dokter yang dulu menangani.

      kalau untuk Keloid waktu itu saya diresepi LANAKELOID-E Cream. Tapi sekali lagi saya nggak mau sotoy. Sebaiknya periksakan aja ke dokter😀

  47. bebi says:

    Kok operasinya di tengah zi? Terus ada yg buat selang itu? Gue di sebelah kanan bawah. Terus gak ada yg buat selang2nya

  48. andri says:

    wah kasusnya sma kyk saya. Skrg udh jln 3 minggu tp perut srasa kyk bwa batu gtu klo jalan. kira2 udh boleh makan mie ayam sma yg pedas2?

  49. mel says:

    Kak gema hmmmm mau nanya
    Kk operasi usus buntunya bagian perut dekat pusat ya,
    Trus sewaktu masih sakit ada lingkaran hitam g dekat mata nya
    #tq

  50. Sy mau bagi cerita juga tgl 14 april 15 sy br aja op usus buntu tp syng usus buntu sy sudah terlanjur pecah. Saat oprasi bau nanah smpe menyeruak seruangan op serem gila kan…lama op 2 jam gr2 dok bedah bersiin nanah gua yg pada melekat ky lembaran2 keju say dok bedah winarno…setelh op sy dehidrasi smpe 2 infus masuk ke tangan…kmbl keruangan sy hanya diberi susu tp gak nunggu smpe buang gas..setelh buang gas br sy diberi makan bubur tp laukny serem2 ky daging semur ayam teriyaki dll…ttp sy gak bisa makan soalny setiap makan akan muntah…sy juga dipasang drain waktu pas dicopot ya lumayan berasa ky ada yg jln diperut tp gak terlalu sakit coz dok ajak ngobrol jd terselamur…gak lama bis op sy bisa gerakin kaki pagi hari bisa miring kiri kanan siang bisa duduk gak terlalu sakit sore udah bolak balik jalan kekamar mandi walaupun jalan masih doyong2 tp alhamdulilah jahitan gak terlalu sakit..8 hari dirawat di rs sari asih ciledug…setelh 2 hari dirmh br deh ada kekacauan lagi tiba di perban jahitan kelur deras cairan berwarna semu2 oren ato merah muda sy pikiri jahitan sy robek keluar darah…segerah dibw ke rs lg nemuin dok win…eh ternyata itu emang problem buat usus butu yg sudah terlanjur pecah dan kondisi pasien yg punya lemak bnyk…dok say itu katanya ygkeluar bukan darah tapi lemak yg mencair dr sayatan pas op jd dia mencair keluar lewat jahitan..jd gpp ktny klo keluar malah bgs bikin cepet kering jahitan…skrng sy hnya kontrol jahitan setiap 4hr 1x….skrng dah bisa makan walaupun sedikit….dah beraktivitas walaupun cuma jalan2 didalam rumah nonton tipi malas2an dikasur…jahitan gak sakit tp cuma berasa kaku aja daerah op…gak smpe ngalamin berasa pindah perut kaya om gema…om gema kok itu disayatny keatas ya…beda sm sy sy disayat ke samping dikira blm pecah eh ternyata dah pecah jadi sayatanya kesamping panjang 10cm br disampingnya bekas drain jd tanda sayatanya bentuk + nah jahitan op usus buntu – jd di perut sy ada – n + hahaha ky papan tulis yg lg bljr mtk…demikian cerita sy…mohon doanya semoga sy lekas sembuh…amin

    • gemasatria says:

      Wow! Cukup lengkap dan mirip juga tuh ama yang gue rasain. Tapi nggak separah itu sih after operasinya. Semoga cepet puliiih!🙂

      • Yessi Pakpahan says:

        Hahahah,,,
        Haii kak gema.

        Lucu deh post nya kkaq..
        buat aku nya jdi ngakak tengah malam ni..
        apa yg kkaq rasain semua,aku juga rasain kak..
        gilak,sakitt bgt iuueee…
        Usus buntu aku juga dah pecah kak..
        Hheheh..
        Aku operasinya kmren kak..
        01 june 2015,di hospital Tengku Ampuan Raimah,Klang,Malaysia kak..
        hehehe,kebetulan aja sih lagi stay di malay…
        huhuhu…
        Hmmmm, thx ya kak,buat posting nya…
        Semangat kak…

    • Dimasyadimas says:

      Ka nila cairan kuning aga kemerah merahan ato gmna ?
      Saya keluar jg cairan seperti itu tapi dari bekas staples jahitan yg dilepas, apa kata dokternya itu aman ?

      Thanks

  51. hendra says:

    saya jga perna d opersai usus buntu usus sya sdh pecah jadi sya d operasi laparatomy atau buka perut

  52. emma says:

    Saya baru operasi usus buntu lebih dari 2 minggu lalu… kok perut buncit bgt ya dan kayak kembung banyak gas gitu T.T

  53. ig ntvsck says:

    aku abis operasi usus buntu di pku gamping
    tgl 4 sept 2015, pas ultah, haha kadonya ga lucu..
    malem malem nemu ginian…
    ketawa ketawa ga jelas, n ga kuat…
    besok lanjut baca nya kalo dah sembuh…
    asli parah bikin ngakak…
    parah koeeeee brooooo :v

  54. Ageng says:

    Wah, mantab ternyata punya teman teman penderita usus buntu juga. Sebelumnya berasa kyk orang sendirian yg takut untuk menghadapi kehidupan pasca operasi usus buntu yg udah pecah. Terima kasih mas gemma

  55. alan t a says:

    Set dah…. Gw baru mau operasi baca cerita lo jadi bimbang… Shit… Anyway thnx for sharing

    • gemasatria says:

      haha ngapain bimbang. operasinya emang buka perut? kasus gue ekstrim bro, itu usus ampe pecah. Kalo nggak pecah operasi 15 menit juga kelar #sotoy. Tapi serius kalo usbunnya belom parah operasinya lebih ringan.

  56. elfi says:

    saya hbs op usbun 2thn msh brs nyeri,, sampe keringat jagung,, udh bolak balik ke dr cm di ksh obat penghilang nyeri. hbs obat datanglah sakit,,😦

    obat mujarab yg di kasih sm paman sy makan daun inai ato di rebus lalu di minum.
    sampe skrg ga pernah kambuh lg, tp sy msh minum rebusan inainya buat kembung ato obat batuk buat anak2 sy.

    wkt lahiran anak ke 3 secara caesar sy jg minta bawain rebusan daun inai sm suami, alhamdulillah ga merasakan sakit pasca caesar. dan badanpun cepet fit.

    oiya buat pegel2 jg bagus loh..
    selamt mencoba,, smg bermanfaat dan menjadi inspirasi,, obat2 tradisional lbh mantapx di bandingkan obat2 kimia

  57. supermen says:

    senasib bro 😀 hehe
    3 bulan w gak boleh kmana2 dirumah aja. gak boleh naik motor.
    setelah 3 bulan w bebas w langsung berenang, alhasil bekas jahitan diperut w terasa nyeri kulit’y jadi agak melar gtu sedikit..
    #pesan buat para usbuners kronis (usbun pecah) pasca operasi kalo belum dapet 1 tahun jgn maksa deh buat angkat2 beban berat.. mending cari aman daripada harus ketemu lg sama meja operasi hehehe
    kadang w suka mikir apakah jahitan dalem diusus w itu aman !
    sampe skarang terhitung 10 bulan pasca operasi w masih takut aja.. takut bocor.. 😧

  58. Yery says:

    Kocak bro wk…wk……baru 3 hari lau gw operasi usbun,lancar jaya,Alhamdulillah,hanya pas bius total dan masuk ruang operasi tegang abis sampai badan gw shaking berat, n zzzz gw dibius,yah skrng gw lg pemulihan ga bs ngapai2x dulu yg ringan2x ajap

  59. Arief says:

    Salam Gema,

    Operasinya sama persis ky gw. Laparatomy. Tapi yg bikin keki itu, diagnosa awal usus buntu biasa alias ringan. Pas gw liat di rekam medis gw ternyata tindakannya sampe laparatomy, terus ada 3 lagi tp gw lupa namanya dan itu bikin gw parno “Ini pasti persekongkolan! Ginjal gw pasti diambil ini!!” #LOL

    Bedanya kalo loe dipasang kateter pas gak sadar, nah gw pas lagi sadar pake banget bro. Asli itu rasanya lebih tajem dari mie ayam warung sebelah. Susah digambarkan bro, full of imagination sakitnya. Gw sampe teriak2, sampe dipegangin 2 perawat cowok. Kalo inget masa2 itu, bikin ngilu sendiri.

    Btw, gw lg pemulihan. Udah jalan 3 mingguan, tp jahitan gw ditolak sama tubuh karena perut gw masih ngeluarin nanah. Jadi semacam perlindungan diri tubuh gw buat ngeluarin itu benang karena benda asing gitu. Dan alhasil perut gw bolong sepanjang sayatan operasi, dan gw cuma bisa lemes tiap kali perban gw diganti. Dari perut gw yang bolong gini, gw jadi pesimis asli tp setelah baca cerita loe, gw jadi optimis lg bro karena awalnya gw mikir cuma gw yg dapet kasus ky gini. T_T

    Semoga penderita usus buntu lainnya nemu ini cerita biar pada optimis, aamiin..

    • gemasatria says:

      hahahaha lebay lu brooo hahaha..
      tapi dulu gue juga lebay sih mikirnya.

      anjir iya sih untung aja ya gue pasang kateter pas lagi gak sadar.
      oke lah selamat pemulihan semoga cepet prosesnya. semangat terus, bro Arief!

    • sri muryati says:

      Skrg gmana luka nya?.., ponakan ku jg op usbun dah pecah n udh ampir 3 minggu msh opname, msh keluar nanah juga, masih dapat antibiotik ceftriaxon dg metronidazol, pdhal sdh cukup lama ya

  60. Marlin says:

    Nyari fungsi selang di samping perut pasca operasi malah ketemu artikel ini haha

    Gw juga pernah di operasi tapi beda bukan usus buntu, udah 1 atau 2 tahun lalu. Gara2 kecelakaan, kejadiannya pas lampu ijo tinggal beberapa detik lagi, gw yang pake motor ini sengaja ngegas kenceng biar ga ketinggalan dan ga disangka-sangka kesenggol sama motor gede semacam vixion/tiger gt lah. Kaget, tiba-tiba oleng ke ke kanan sambil ngebut (entah kenapa gw ga bisa ngerem tapi malah tambah ngegas) dan pas bgt nabrak mobil yang lg berhenti. Gw kepental dr motor, gw ngerasain badan gw keguling-guling, untungnya helm gw masih kepasang. Itu tiba-tiba rasanya sakit sesakit sakitnya sakit didaerah perut sampe kaki ga bisa lurus dan ga bisa bangun sama sekali. Orang2 udah pada ngerubungin gw, ada yang bantu ngangkat ke tepi jalan sama ngasih air minum. Gw coba telp org dirumah ngasih tau gw kecelakan.

    Skip skip gw digotong ke ambulan dan sampe rumah sakit terdekat (muhamadiyah bandung). Rongsen, infus dll. Prosesnya pada buru2. Gw dirujuk kerumah sakit hasan sadikin bandung dan langsung dibawa otw kesana. Dirumah sakit HS. baju sama celana gw langsung dirobek, gw ditelanjangi. Dan langsung di “oprek2” sama anak2 mahasiswa kira2 seumuran gw. Berasa diperkosa + jadi bahan uji coba😦
    Gw bener2 keadaanya shock bgt waktu itu. Lanjut dibawa keatas buat di operasi waktu itu jg, ga tau siapa tapi waktu itu dokter bedahnya perempuan.

    Skip2 operasi selesai dan gw hampir sama ngalamin apa yang lo rasain, berasa dejavu haha. Bedrest 20hari di RS, 10hari+ dirumah. Ternyata tulang rusuk gw ada yg patah, terus nuncep ke hati, tulang di pinggul kegeser, ginjal gw ancur dan harus diambil satu. Kalau gw di “belek”nya dari bawah puser sampe deket belahan tete, cukup panjang berbekas kaya ulet kaki seribu ngeliatnya.

    Alhamdullah udah sehat sekarang ini🙂
    Udah ga mau lagi deh ngebut ngejar lampu ijo, sekarang kalau naik motor/mobil jadi selow. Ngeliat ada orang yang ngebut2an dalem hati suka bilang ini orang kayaknya blm pernah kecelakaan parah😦

    Cuma bekas selang yang di kiri suka gatel entah knp, udh dikasih salep sama dokter udh lumayan sembuh. Cuma sekarang gatel lagi, jadi dipakein salep yang dokter kasih lg. Makannya nyari di google gunanya buat apa, taunya drain toh hehe

  61. Alfiagusti says:

    Demi apapun senasib bgtt sama gema wkwk tapi jahitan gue dari bawah puser sampe atas *sensor* panjang bgt udah kaya rel kereta wkwk

  62. Dewa says:

    Kok sama kyk aku kak. Aku juga operasi usus buntu. Tpi yng disobek dari atas puser smpek bawah. Pengen fitnes tpi takut mshan klo sobek ini jahitan-_-

  63. Messy says:

    Serem jg ceritamu sob,tpi alhamdulillah kemarin saya habis operasi lancar tidak serem seperti cerita anda,dan skrg msih dlm pemulihan…

  64. ardi says:

    Om setelah op usus buntu kira” betapa bulan yah bisa beraktivitas main sepak bola lagi..?

  65. risky says:

    hay gan..setahun lalu gw operasi sm persis kyk gn..cm.dr ratusan artikel dan info..knp ya cm kita yg bedahnya vertikal.sampai skrng gw ngerasa kyk mal praktek..kenapa sih sayatanya ga menyamping aja..tanda tanya besar gan..gw tkt kl tindakan operasi bedah perut ke bawah merupakan kesalahan prosedur.ah ngeri..soalnya ane cweek..tkt ngaruh sm kehamilan.

    • Yanu says:

      padahal googling kapan bisa futsal lagi setelah paska op eh ketemu ini blog. Gua baru op tgl 24 desember 2015, semua yg lu rasain persis gua rasain bentuk jahitan operasi sama persis cuma gua gk di drain yg selang itu. waktu selesai op gua shock kok luka jahitan nya panjang gini setau gua op usbun kan palingan cuma segaris kecil. yg paling linu tuh lepas kateter shit rasanya itu.

      • gemasatria says:

        hahahaha lepas kateter tuh ya emang rasanya… kayak terhisap gitu sebagian nyawa tercerabut bersama selang kateter. Lebay tapi bener! hahaha

        Moga cepet pulih bro!

  66. sri muryati says:

    Usus buntu nya pecahnya dikit2, jd agak lama terdiagnosa, td nya dikira gastritis dengan infeksi saluran kencing.., nanti udh muntah, diare n perutnya teraba keras, baru deh ketauan usbun, lgsg operasi cito, nanah nya sekitar 10cc, belum lg nanah yg udah tlanjur pecah dalam perut.., sebulan di rs sekarang alhamdullilah udh baik, jahitan operasi nya jg dah kering n rapat.., oia, pemulihan pasca op.usbun ada pantangan makan ga?

    • gemasatria says:

      wattt sebulan! opnam sebulan!? gila sih.. semoga lekas pulih aja ya mbak. Kalo kata dokterku sih pantangan gak ada, malah lebih bebas dari sebelumnya. Mau makan biji-bijian apapun udah lebih halal karena ga bakal nyangkut lagi

      semoga lekas pulih yaa

  67. Hety says:

    Saya juga usbun nya udah pecah mas gema. 3 minggu setelah OP (pertama masuk kerja) koq pinggul rasanya linu2 gitu ya. Kayak ditusuk2. Udah 3 hari tp belum sembuh jg. Mas gema ngalamin nggak? Saya jd parno sendiri nih..

    • gemasatria says:

      auuu saya waktu tu masih kuliah sih jadi ngga terlalu mikirin aja. Cuman ya itu ga enak kalo jalan pegel banget punggung karena posisi kaya semar begitu badan. Sekarang sih udah 5-6 tahun berlalu udah nggak majalah! :p

  68. arde says:

    sya kmarin tgl 14 januari 2016 jg abis oprasi usus buntu,udah pecH
    ngeluarin nanah sampe 2 mgguan,awal feb perutq sakit bgt dbawa lg ke RS ,pas dcopot jahitannya,,jaitan luar sobek semuA,sobek skitar 4 cm trus g djait ulang dibiarin kerring sampe skrg uda kering,,udA hampir 2 bln perut terasa sesak ngilu y?
    sampe skrg aq bersin g berani,,takut jaitan sobek

  69. Dickky says:

    Mas gema :V
    Kenapa kok saya Operasi Appendix boleh minum sebelum kentut, iyasih pertamanya muntah air hijau banget :V dan pas 2 malam kentut berdesis 4 Kali . Nah disitu besoknya hari pertama selesai operasi saya disarankan berjalan pendek :V Nah kalo perut gede sebelah itu dampak Karena siap di Operasi ga ? Mas gema juga rasain ini juga ga ?

    • gemasatria says:

      Waduh.. gatau itu kata dokter saya mah begitu. Kayanya ga gede sebelah deh. Perut saya mah GEDE SEMUA :))))) Kzl kan. Tanya dokter aja bro untuk keterangan lebih lanjut.

  70. Riris says:

    Halo…Salam kenal darai saya! beruntung sekali saya mendapatkan blog ini. Sudah lama saya cari info-info mengenai reaksi pasca operasi usus buntu. Saya operasi usus buntu Oktober 2015 tahun lalu. Pasca operasi saya kalau kecapean, atau kadang hbis makan kepedesan bagian perut deket luka operasi tapi bagian dalamnya kerasa sengkring2..heheh. Kadang panas rada senut2 gitu, berlangsung bisa dua harinan lalu hilang. Kira2 itu normal ngga ya. Pernah saya seminggu ndak sembuh2 akhirnya saya bawa ke dokter kata dokter bisa jadi peradangan tapi ngga masalah katanya nanti sembuh sndri.
    Tapi seringnya misal kecapean terasa seperti itu dengan muncul pergi begitu. Apakah teman2 merasakan hal serupa seperti saya? normal ngga ya?

    • gemasatria says:

      kayaknya sugesti aja tuhh.. hehe nggak ya? aku juga gatau sis.. suka agak kaya gerak2 gitu sih ada yang mengalir di sekitar situ, tapi sekarang udah enggak lagi tuh, mungkin udah gak kupikirin lagi kali ya hehe semangat!

  71. Arif says:

    Aaaaaa…. yg paling sakit pas pasang kateterrrrrr…

  72. wahyuni says:

    haampir sama deh kejadian sya Sma @Mba Sri muryati dan @Mas GemaSatria Sya periksa di Dkk yg positif hanya infeksi saluran kencing doang Tpy saya gk nyakin Klau itu Infeksi saluran kencing dan akhirnya saya Ke Dokter yg memberi Rujukan buat ke dkk, Memberi hasil Lab tersebut dan dokter hanya blg gak ada Masalah ko dengan yg lain hanya Infeksi saluran kencing Mba, Dan keesokan hari sya kembali ke dokter kembali dan dokter angkat tangan lalu dokter memberi sya rujukan buat periksa Di RSRI Balikpapan Lanjut lah sya periksa Perut sya hanya di pencet terasa banget sakitnya dan Dokter RSRI Menyatakan saya Usus buntu dan harus cepat2 di Operasi Tgl 21-04-2016 Setelah itu Sma seperti Yg di rasakan @MasGama. Bingungnya Saya kenapa hasil lab hanya Infeksi saluran kencing Tapi Tidak apa2 Alhamdulilah Sdh agak mendingan Walau Masi merasakan Sakit dan Masi keluar Cairan Dry Daerah jahitan

  73. Rosandi says:

    gue h 3 op. app., lama banget harus nunggu setahun ya bro baru bisa fitness😌.. klo jalan tampan kira2 berapa hari ya?
    yang gua bingung kenapa ya bab gua mencret, kaya berminyak banget, komposisinya kaya minyak sama lendir wanra coklat pekat..
    oiya mau tanya buah yg dimakan itu buah apa bro? sekarang

  74. myg says:

    wah..pas banget nemu post.an ini, cari2 ttg efek pasca operasi usus buntu, smua yg dtulis trnyata kealamin smua T.T, mulai dri kehausan krna blm kentut, sakit wktu batuk, susah tidur/jalan dlm posisi tegak dsb. smpet khawatir jg sma efek/gejala/apalah itu namanya nyelekit2 dperut, krna skrg udh hmpir 2minggu stelah operasi dn org2 bilang klu biasanya luka bkal pulih skitar smingguan smntara sya msih takut buat gerak2 yg pake otot perut, atau emang sy.nya aja yg males gerak2, bates normal buat geraknya smpe sjauh apa ye?wkwk..apa udh gpp kita mlakukan gerakan solat kya sujud, klu rukuk sih masih bisa, tpi klu utk sujud bawaannya parno mulu, prasaan yg ada ddalem perut ikut turun jg T.T,mnurut pengalaman gmna bang? krna kbtulan op yg sy alami jg oprasi besar, panjangnya kta dokter skitar 3/4 caesar T.T
    makasih bang sblumnya

    • gemasatria says:

      hahaha bener bangett kalo gerak tuh isi perut rasanya juga kaya gerak yak..
      sorry ya baru bales, paling hari gini udah jauh lebih baik kan??

      semangatttt, udah bebas pokoknya kalo udah usus buntu mah mau makan apa aja hajaaaaaar

  75. SalSas says:

    Hwwaa!!~ kakaaa.. sama persis sm yg aku alami.
    Ini aku baru 6 hari pasca operasi App..
    Dan nanti tgl 25 (10 hr pasca operasi) mau lepas benang jahitan.
    Aduh.. tp msh berasa banget yaa perut aku gk beres -_-‘ jalan susah.. tiduran susah.. bangun dr tiduran juga susah.. bersin tersiksa banget jadi gk puas gitu bersinnya. Batuk apa lg -_-‘
    Pgen daaah normal lagi…

  76. dudi andiyanto says:

    Setelah saya membaca cerita ini dan banyak juga komentar , saya jadi semangat…. semoga operasi app saya ini berjalan lancar… terimakasih semua…

  77. Alfath says:

    Sama kang, gw jg kaya gitu malahan sblm vonis dokter sampe bingung kok bisa usus buntu pecah tp msh bisa jalan ( normalnya kaki gabisa digerakin ) nah stlh usg ternyata udah pecah, dan diharuskan operasi pada hari itu, langsung lemes gw. Apalagi pas proses kateter sama selang buat perut anjayy

  78. shinta says:

    Kaa aku juga alumni ops usus buntu nih, sialnya aku ops pas hari lebaran banget sekarang baru 11hari setelah oprasi rasanya bosen jenuh gabisa kemana2 sedih banget kan kaaa?

  79. amelia says:

    Hai ka gema. Aku juga baru operasi usus buntu 2 bulan yg lalu dan skrg udah bisa berenang bahkan udah makan pedas lg. Tp entah knp bekas bagian operasi didalam nya kayak gatal gitu kaa. Dan katanya kalo sehabis operasi usus buntu makan pun jd sedikit. Apa iya benar?😂

  80. kalingga says:

    Wkwkwk semuanya sama persis ama yg gua alamin pasca opersai usus buntu kemaren, lucu juga ya kalo di ingat2 hahaha😄

  81. saha we lah says:

    sama nih, dua minggu yang lalu juga saya operasi usus buntu.
    tapi boleh gak sih berenang tapi luka jahitannya
    belum sembuh total ?


Leave a Reply

